Pantangan Makanan Untuk Penyakit Diabetes

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Diabetes

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Diabetes .- Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol. 
Pantangan Makanan Untuk Penyakit Diabetes

Berikut Beberapa Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Penyakit Diabetes :

  • Kentang
    Meskipun sayuran putih ini menyehatkan, namun ternyata kentang terkenal mampu untuk meningkatkan kadar gula di dalam darah dengan cepat. Supaya kondisi diabetes tak semakin parah, penderita perlu untuk menghindari mengonsumsi kentang.
  • Roti
    Jika Anda adalah penggemar roti, sebaiknya pelan-pelan kurangilah konsumsinya, sebab makanan yang terbuat dari tepung putih ini pun termasuk penyebab penyakit diabetes. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi rotibila ingin menjaga kestabilan gula darah Anda.
  • Nasi putih
    Dalam sebuah penelitian pernah disebutkan kalau mengonsumsi nasi putih dapat memicu penyakit diabetes. Hal itu karena nasi putih memilki kandungan zat tepung dengan indeks glikemik yang tinggi.Oleh karena itu, penderita diabetes baiknya menghindari makanan ini.
  • Saus tomat
    Saus tomat mempunyai rasa asam yang seperti aman saja dikonsumsi oleh penderita diabetes. Akan tetapi, bahan yang terkandung di dalamnya ternyata tidak baik bagi kadar gula. Akan lebih baik untuk menghindari mengonsumsi saus tomat bila ingin terhindar dari penyakit diabetes.
  • Pasta putih
    Salah satu pantangan makanan bagi penderita diabetes adalah Pasta putih yang terbuat dari tepung putih dan dicampur dengan bahan lainnya yang berbahaya. Sifatnya mudah untuk dicerna sehingga dapat memicu kadar gula darah. Memasak pasta putih dengan terlalu matang malah dapat memperparah kondisi penyakit diabetes.
  • Pemanis buatan
    Pemanis buatan juga merupakan pantangan makanan bagi penderita diabetes. Banyak orang yang menganggap kalau pemanis buatan merupakan zat aditif yang tak berbahaya. Akan tetapi makanan dan minuman yang diberi pemanis buatan bukanlah makanan yang baik untuk penderita diabetes. Sebaiknya kurangilah mengonsumsinya demi untuk mengontrol gula darah.
  • Jus buah
    Bila gula darah sangat rendah, jus buah merupakan jawabannya. Tetapi hal yang berbeda dialami penderita diabetes. Bila kadar gula telah tinggi, maka sebaiknya mengonsumsi jus buah perlu untuk dihindari sebab kandungan gula di dalamnya terbilang tinggi.
  • Yogurt rendah lemak
    Kandungan lemak dalam yogurt rendah lemak memang sudah dikurangi. Akan tetapi pengganti bahan tersebut nyatanya merupakan pemanis buatan. Sehingga makanan ini ada baiknya dihindari juga oleh penderita diabetes.
  • Minuman berenergi
    Olahraga identik dengan mengonsumsi minuman berenergi. Meskipun dapat menyumbang energi, namun ternyata minuman ini efeknya buruk bagi penderita diabetes. Ketimbang minuman berenergi, lebih baik konsumsi air putih atau air kepala.
Pantangan Makanan Untuk Penyakit Diabetes


Berikut Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Penyakit Diabetes :

  • Apel 
    Makan satu apel sehari bisa menjauhkan Anda dari berbagai penyakit. Hal ini juga berlaku bagi penderita diabetes. Apel kaya akan pektin yang dapat mengurangi tingkat insulin yang tinggi. Makan apel bisa membuat indeks glikemik Anda dalam tingkat yang rendah.
  • Pir 
    Pria adalah buah yang kaya pektin - yang juga baik untuk penderita diabetes. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, pir bisa mengontrol kadar gula darah yang tinggi.
  • Aprikot 
    Aprikot kering jauh lebih berkhasiat dibanding yang masih segar. Buah ini juga kaya akan kalium yang baik untuk penderita diabetes.
  • Berries 
    Semua jenis berry seperti raspberry, stroberi, blueberry dan blackberry dapat membantu menurunkan indeks glikemik penderita diabetes.
  • Ceri 
    Ceri adalah buah dengan indeks glikemik yang rendah. Ceri juga kaya serat yang menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
  • Anggur 
    Anggur segar sangat baik jika dikonsumsi penderita diabetes. Namun, konsumsi dalam jumlah berlebihan akan berbahaya bagi tubuh karena anggur mengandung karbohidrat dalam bentuk gula alami.
  • Plum 
    Selain rendah kalori, plum juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Plum merupakan sumber makanan yang kaya akan serat - yang membuat buah ini ideal bagi penderita diabetes dan penderita jantung
  • Jeruk 
    Buah jeruk sangat sehat bagi penderita diabetes. Buah ini dapat menurunkan indeks glikemik, sumber vitamin C dan yang paling penting, serat dalam jeruk memodulasi gula darah dengan memperlambat penyerapan ke dalam aliran darah.
  • Alpukat 
    Lemak sehat dan potasium dalam alpukat membuatnya menjadi buah yang sehat bagi penderita diabetes. Buah ini juga menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Melon 
    Melon mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh penderita diabetes. Namun, pastikan Anda tidak membeli melon yang terlalu matang karena dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.
Itulah sekilas yang dapat kami sampaikan tentang pantangan makanan diabetes dan makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes , dalam mengobati penyakit diabetes kami merekomendasikan pada anda untuk menggunakan Pengobatan Tradisional Diabetes Jelly Gamat Gold- G . Untuk informasi lebih lanjut anda dapat meng klik / menekan link kami di samping : Pengobatan Tradisional Diabetes 

Terimakasih Telah Menyimak Informasi Yang Telah Kami Sampaikan Semoga Bermanfaat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar